Sebuah jurnal karya Fotis Kitsios dan Maria Kamariotou.
Pengembangan strategi sangat dibutuhkan dalam proses pengembangan layanan baru sehingga sebuah bisnis baru tersebut dapat memiliki competitive advantage. Terdapat 2 faktor yang dapat mempengaruhi kesuksesan layanan baru, yaitu keselarasan dan teknologi informasi. Keselarasan berarti dimana hubungan antara tujuan bisnis dan strategi layanan baru selaras beriringan satu sama lain. Teknologi informasi merupakan sebuah sumber daya pendukung layanan baru yang dapat memberikan peningkatan layanan pada layanan baru tersebut. Dalam pembuatannya, strategi layanan baru membutuhkan sumber daya penting seperti strategi bisnis, struktur organisasi, keahlian pekerja, teknologi informasi, pengetahuan, dan bagaimana cara berkomunikasi dengan pelanggan.
Competitive Advantage
Untuk mendukung sebuah layanan baru agar memiliki Competitive Advantage maka dapat di pengaruhi oleh faktor :
1. Inovasi produk
2. Inovasi Layanan
3. Proses Teknologi Informasi
4. Sistem Teknologi Informasi.
Inovasi dan pengembangan layanan baru
Sebuah inovasi layanan dapat meningkatkan market share dan revenue dari sebuah layanan baru. Terdapat 4 dimensi inovasi layanan, yaitu
1. Pemeriksaan value proposition yang diberikan kepada pelanggan
2. Pola distribusi inovasi pada aktivitas pengembangan layanan baru
3. Interaksi dengan pelanggan
4. Teknologi terbaru untuk proses pengembangan layanan baru
Dinyatakan bahwa banyak layanan baru yang mengalami kegagalan karena lemahnya strategi yang di persiapkan, sehingga untuk meningkatkan competitive advantage dibutuhkan strategi pengembangan layanan baru yang berkualitas.
Strategi Layanan Baru
1. Strategi keselarasan (Alignment)
Hubungan yang selaras antara tujuan dan strategi bisnis layanan baru dapat meningkatkan competitive advantage sebuah perusahaan. Untuk mencapai keselarasan tersebut dibutuhkan data kompetitor, riset untuk strategi operasional, pemahaman tentang pengembangan layanan baru, dan informasi pelanggan.
2. Strategi Inovasi Layanan
Strategi inovasi layanan dapat diartikan sebagai keputusan strategi untuk mengubah suatu variabel atau kombinasi dari karakteristik inovasi untuk mencapai keunggulan kompetitif. Terdapat 3 tipe strategi inovasi layanan :
a. Strategi diferensiasi dan fokus pada pembuatan layanan baru
b. Strategi pengaturan biaya dan fokus pada distribusi layanan
c. Strategi fokus bagian pemasaran segmen pasar dan siap untuk terlibat dengan pelanggan.
3. Kapabilitas Informasi Teknologi
Kapabilitas informasi teknologi dapat berfungsi sebagai :
a. Melibatkan harmonisasi strategi, sistem, dan orang yang mengetahui sistem
b. Membantu sistem distribusi layanan
c. Meningkatkan proses komunikasi dengan pelanggan
d. Meningkatkan wawasan yang dibutuhkan
e. Mengurangi biaya dalam menemukan informasi layanan baru
f. Meningkatkan nilai yang dapat ditawarkan oleh pelanggan.
Kesimpulan
- Keselarasan dan kapabilitas teknologi informasi berperan penting untuk pengembangan layanan baru
- Pengembangan layanan baru dilakukan dengan bantuan teknologi informasi dan melihat kebutuhan pelanggan
- Pengembangan layanan baru harus dapat beradaptasi dengan teknologi terbaru yang juga memenuhi kebutuhan pelanggan
No comments
Post a Comment